7+ Contoh Social Media Campaign Produk Lokal yang Sukses

Contoh Social Media Campaign Produk Lokal

7+ Contoh Social Media Campaign Produk Lokal yang Sukses

Sebelumnya kita sudah bahas apa itu, manfaat, dan tujuan dari dibuatnya social media campaign. Sedikit membahas social media campaign, jadi aktivitas ini bertujuan untuk mendapatkan apa yang diinginkan oleh bisnis, ntah itu mendapatkan awarenessinteraction, dan conversion di media sosial.

Untuk lebih lengkapnya bisa klik link di sini ya: Pentingnya Social Media Campaign: Meningkatkan Brand Awareness dengan Cepat!

Di artikel ini, aku mau membahas beberapa produk lokal yang sukses dari membuat campaign di media sosial.

Contoh Social Media Campaign Produk Lokal yang Sukses

Setelah mengetahui kegunaan dari social media campaign, sekarang kamu perlu tahu juga nih campaign-campaign yang dibuat oleh produk lokal agar bisa menjadi inspirasi bagi kamu dalam membuat campaign.

1. “Tim Tangan vs Tim Sendok” by Padang Payakumbuah

Contoh Social Media Campaign Payakumbuah

Di tahun 2022-2023 atau pada saat artikel ini dibuat, kita sempat dihebohkan dengan perdebatan makan nasi padang dengan cara menggunakan tangan dan sendok.

Sebenarnya perdebatan ini sudah lama ada, tapi kalau kamu mengikuti aktivitas Arief Muhammad di media sosialnya, kamu pasti tidak jarang dari dulu bahkan melihat perdebatan cara makan nasi padang antara Arief Muhammad dengan fans-nya di Instagram.

Hebatnya dan tidak kepikirannya kita, dia diam-diam membesarkan perdebatan ini sambil menyusun untuk membuat rumah makan padang. Yang bisa kita lihat brand-nya adalah Payakumbuah.

Ketika sudah mencapai titik panas atau klimaksnya perdebatan antara tim tangan vs tim sendok, ditambah lagi jadi duta nasi padang, tiba-tiba dia me-launching rumah makan nasi padang.

Faktor suksesnya campaign ini adalah trending dimana-mana, di Twitter, di Instagram, dan di Youtube hingga live streamingnya mencapai puluhan ribu penonton.

2. Arief Muhammad Jadi Calon Gubernur Bintaro? Hingga Bagi 100 Vespa Gratis! by Prepp Studio

Contoh Social Media Campaign PreppStudio

Lagi-lagi dari Arief Muhammad, memang influencer satu ini nggak ada habisnya kalau bikin campaign, idenya selalu out of the box.

Kalau kamu ngikutin Arief Muhammad, selain dijuluki duta nasi padang, dia dijuluki sebagai Gubernur Bintaro, karena selalu membangga-banggakan daerah tempat tinggalnya.

Yap, karena dijuluki Gubernur Bintaro, Arief Muhammad memasang iklan seperti calon pemilihan gubernur di beberapa Billboard, sehingga persepsi netizen menilai bahwa Arief Muhammad sedang ikut pemilihan calon gubernur.

Padahal kenyataannya tidak.

Arief Muhammad di Billboard-nya dengan tagline “Siap Menjadi Nomor 1” dia lagi mengakuisisi brand fashion lokal Prepp Studio. Tujuannya adalah agar meningkatkan awareness Prepp Studio itu sendiri.

Setelah sukses meningkatkan awareness Prepp Studio dan campaign-nya sudah mulai redup, maka Arief Muhammad membuat campaign baru lagi yaitu membagikan 100 Vespa secara gratis.

Secara langsung mereka ingin membuat Prepp Scooter Club dengan beranggotakan artis-artis yang ada di Indonesia, seperti Jefri Nichol, Vincent, Desta, Raffi Ahmad, Bintang Emon, dan artis lainnya.

Tidak tahu apakah campaign bagi-bagi Vespa bisa balik modal dari peningkatan penjualan, itu rahasia perusahaan, tapi kita bisa lihat dan dikutip dari Brandztory, Prepp Studio mendapatkan beberapa keuntungan:

  1. Meningkatkan brand awareness dari seluruh masyarakat Indonesia
  2. Mendapatkan pasar lebih luas dari exposure kalangan artis yang memosting Vespa Prepp Studio
  3. Meningkatkan angka penjualan.

3. “HypeAbis!” by Indomie

Contoh Social Media Campaign HypeAbis.jpg

Indomie tidak ada habisnya dalam berinovasi produk, dimulai dari menciptakan varian rasa khas berbagai daerah di Indonesia, sekarang membuat produk yang lebih inovasi dan tentunya HypeAbis.

Yap, Hype Abis merupakan salah satu segmen atau kategori dari Indomie yang dikhususkan untuk kaula muda dan kuliner yang sedang trending di media sosial, contohnya seperti Indomie Ayam Geprek, Indomie Seblak Hot Jeletot, Indomie Kebab Rendang, Indomie Chitato, dan Indomie Kebab Rendang.

Dari campaign HypeAbis, Indomie sukses dalam meningkatkan penjualan, awareness dan diversifikasi target pasar.

4. “Selalu Ada Selalu Bisa” by Tokopedia

Contoh Social Media Campaign Tokopedia

Kali ini ada campaign dari marketplace yaitu Tokopedia dengan tagline “Selalu Ada Selalu Bisa”. tujuan dari campaign ini adalah bahwa Tokopedia menghadirkan segala macam produk, mulai dari yang murah hingga yang mahal, mangkanya ada tagline “Selalu Ada”.

Selain produk yang lengkap, marketplace hijau ini menawarkan kemudahan untuk para penggunanya dalam berbelanja online, yaitu dari segi pembayarannya, Tokopedia menghadirkan fitur COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat dan juga program cicilan, mangkanya ada tagline “Selalu Bisa”.

5. “Pasti Ada Jalan” by Gojek

Contoh Social Media Campaign Gojek

Selain Agnes Monica, siapa lagi artis atau penyanyi Indonesia yang berhasil ke Hollywood? Yap salah satunya ada Rich Brian, Rich Brian merupakan rapper asal Indonesia dan berada di naungan salah satu label di Amerika Serikat yaitu 88 Rising.

Suatu ketika Twitter dihebohkan dengan cuitan dari Rich Brian yang rindu dengan masakan Indonesia, tapi Brian saat itu berada di New York.

Dengan tagline “Pasti Ada Jalan” Gojek tidak ingin kesempatan dalam meningkatkan awareness-nya hilang, maka dari itu Gojek membalas cuitan Rich Brian dengan kalimat “Kirim alamatmu, dan pilih makanan Indonesia yang kamu kangenin”.

Rich Brian tidak percaya, dan singkat cerita Gojek mendatangi kamar Rich Brian sambil membawakan makanannya di New York.

Dengan aktifitas campaign ini Gojek mendapatkan awareness tidak hanya di Indonesia bahkan di luar negeri, kalau kamu perhatikan salah satu video musiknya Rich Brian yang berjudul “100 Degrees” ada Driver Gojek sedang mengirimkan makanan.

Link Twitternya bisa kamu klik di sini ya: Rich Brian Dikirimin sama Gojek Makanan dari Indonesia di New York!

6. “#DietPakePizza” by Yellow Fit Kitchen

Contoh Social Media Campaign YellowFit Kitchen

Biasanya makanan yang enak itu mengandung banyak kalori, seperti Burger, Nasi Goreng, Rendang, Mie Goreng, Pizza, dan lain sebagainya.

Contoh makanan di atas biasanya dianggap musuh oleh pejuang diet, model, dan olahragawan dikarenakan mengandung banyak kalori. Tapi apa iya mereka nggak kangen dengan makanan enak, maka Yellow Fit hadir untuk menjadi solusi.

Yellow Fit Kitchen merupakan katering diet tetapi makanannya menyerupai makanan yang berkalori tinggi, dan uniknya makanan mereka enak.

Kita tahu bahwa makanan diet itu kebanyakan tidak enak dan monoton rasanya, tapi tidak dengan Yellow Fit, mereka memodifikasi makanan sehat dengan rasa dan tampilan yang menyerupai makanan berkalori tinggi.

Salah satunya yaitu makanan sehat dibalut dengan rasa dan tampilan seperti Pizza. Dan terbentuklah campaign dengan nama “#DietPakePizza”.

Yang didapat Yellow Fit Kitchen setelah menjalankan campaign ini, penjualan mereka naik hingga 2700 box dalam sehari, dikarenakan ada rasa penasaran, dan ternyata direspon dengan baik oleh konsumennya.

Mereka juga memiliki klaim garansi uang kembali hingga 100% bila berat badannya tidak turun dan makanannya tidak enak.

7. “Love Avoskin Love Earth” by Avoskin

Contoh Social Media Campaign Avoskin

Kita tahu bahwa kemasan seperti plastik dan kertas susah sekali untuk didaur ulang, bahkan bisa mencemari lingkungan.

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada tahun 2020 total produk sampah nasional mencapai 67,8 juta ton. Artinya, ada sekitar 185.753 ton sampah setiap harinya dihasilkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Indonesia salah satu negara yang memiliki jumlah masyarakat terbanyak tidak bisa kita pungkiri bahwa salah satu penghasil sampah terbesar di dunia.

Untuk meminimalisir terjadinya penimbunan sampah, Avoskin mengadakan campaign Love Avoskin Love Earth.

Dengan terbentuknya campaign ini, Avoskin bersama Waste4Change mengajak konsumennya untuk berperan aktif dengan cara mengembalikan kemasan produk Avoskin ke website Waste4Change.

Tidak hanya berkontribusi dalam aktivitas campaign ini, tetapi kamu juga mendapatkan reward yang bisa ditukarkan berupa saldo dompet digital kamu.

Dengan campaign ini, kita bisa tarik kesimpulan bahwa Avoskin mendapatkan conversion dengan cara mengajak calon konsumen dan konsumen terus menggunakan produk Avoskin, selain merawat kulit juga merawat lingkungan.

8. “#TellYourDifference” by Matoa

Contoh Social Media Campaign Matoa

Kamu pernah kebayang nggak kalau jam tangan terbuat dari kayu? Mungkin pernah lihat tetapi hanya di beberapa bagian saja tidak menjadi bahan dasar utamanya.

Beda dengan brand lokal “Matoa”, Matoa memproduksi jam tangan hampir seluruhnya menggunakan bahan kayu, mulai dari case, bezel, bahkan strap-nya menggunakan bahan kayu ini yang membedakan produk Matoa dengan produk jam tangan yang lainnya.

Kamu juga bisa mengkustomisasi ukiran di penutup jam tangannya seharga Rp 50.000, dengan ketentuan 8 huruf dalam 1 baris dan dapat dibuat hingga 3 baris.

Penutup

Jadi itulah beberapa contoh social media campaign yang bisa kamu jadikan inspirasi, Beberapa ada yang fokus untuk meningkatkan awareness aja juga yang memfokuskan kepada conversion.

Semoga bisa menjadi referensi social media campaign bisnis kamu dan bisa bermanfaat kedepannya, artikel akan aku update setiap ada campaign yang menarik dan terbaru.

Jika kamu ada informasi terbaru terkait social media campaign dari produk lokal bisa tulis di kolom komentar agar bisa aku update informasi lengkapnya, terimakasih.

Rekomendasi Postingan

Mohammad Rehan Firdaus

Mohammad Rehan Firdaus

Seseorang yang tertarik pada dunia blogging dan segala hal yang berhubungan dengan digital marketing

9 thoughts on “7+ Contoh Social Media Campaign Produk Lokal yang Sukses”

  1. Keren banget sih avoskin ini, takjub sama programnya yang love earth itu, karena belum semua sadar sama pentingnya menjaga lingkungan sambil tetep menjaga kecantikan hehe

  2. Membuat social media campaign ini harus benar-benar kreatif ya. Tentu saja dimaksudkan untuk menarik minat netizen, yang ujung-ujung membeli produk atau memilih calon kandidat pemimpin misalnya

  3. Wah, jadi begitu ya campaign produk. Yang nasi padang itu keren sih konsep dan idenya. Begitu udah muncak, warung nasi padangnya auto rame.

  4. Aku penisirin sama brand Matoa. Kaya nama buah ya, eh ternyata jam tangan pakai kayu. Ini hampir sama kaya, Brand sepeda yang menggunakan bahan dasar bambu itu ya.

    Ide-nya keren-keren memang harus out of the box ya supaya ngena di memori.

  5. Menarik. Karena belum sebesar contoh2 yang ada kita perlu menentukan dulu mau fokus ke awarness atau convesion, ya. Tinggal mana yang penting dulu. Bisa keduanya yang penting kreatif dan inovatif dalam menciptakan tagline yang diingat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *