Mengenal Pentingnya Leads Marketing: Gunakan Cara Ini Agar Penjualan Meningkat!

Mengenal Pentingnya Leads Marketing: Gunakan Cara Ini Agar Penjualan Meningkat!

Mengenal Pentingnya Leads Marketing: Gunakan Cara Ini Agar Penjualan Meningkat!

Dalam menjalankan bisnis kita harus tahu terlebih dahulu target pasar kita, apakah target pasarnya di bawah umur, remaja, dewasa, atau orang tua.

Dari situ kita bisa tahu bagaimana caranya mendapatkan pembeli melalui data-data yang bisa kita peroleh nantinya.

Misalnya mau buat bisnis skincare tapi nggak tahu siapa target pasarnya, sudah tentu target pasarnya remaja tapi skincare-nya apakah cocok untuk kulit yang sensitif, nah itu jadi persoalan yang lebih spesifik lagi.

Selain target pasar, kita juga harus memperhatikan produk kita cocoknya ke target yang spesifik atau umum. Contohnya yang umum seperti produk kipas angin, yang semua orang bisa beli tanpa harus merasakan kerugian.

Sudah tahu siapa target pasarnya? Langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya mendapatkan data-data agar produknya bisa dibeli, minimal informasi produknya sampai aja dulu deh ke calon pembeli.

Nah di sinilah peran dari Lead Marketing bekerja. Tapi sebelum itu aku mau membahas apa itu Lead dan manfaatnya.

Pengertian Leads Marketing

Lead sendiri bisa diartikan sekumpulan orang yang memiliki ketertarikan kepada suatu produk dan kemungkinan besar bisa menjadi pelanggan atau pembeli.

Alur untuk mendapatkan lead adalah yang pertama harus mengenal target pasar, setelah itu membagikan informasi produk kepada target pasar, ketika ada yang bertanya atau tertarik dengan produknya maka itu bisa dikatakan lead.

Nah, tahap untuk konsumen bisa bertanya atau tertarik dengan produk kita, maka caranya adalah membagikan informasi-informasi, seperti nomor telepon, tombol yang mengarah ke WA (WhatsApp) kita, tombol mengarah ke marketplace, tombol unduh bila produk berupa aplikasi, e-book, dan lain sebagainya.

Tujuannya adalah ketika ada target pasar yang tertarik tidak putus begitu saja, tapi bisa dijadikan sebagai konversi, ntah berupa unduhan, pembelian barang, dan informasi lanjut ke penjual.

Manfaat Leads Marketing, Maksimalkan Penjualan!

Selain bisa dengan mudah mendapatkan penjualan, unduhan, dan data pembeli. Lead juga bisa mendatangkan manfaat yang lain, yaitu:

  • Dengan mudah berkomunikasi serta promosi kepada pelanggan yang tertarik dengan produk kita
  • Mendapatkan analisis demografis mana saja yang tertarik dengan produk kita, dengan tujuan agar dana promosi tidak terbuang sia-sia
  • Mudah meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk tanpa harus mengenalkan produk dari awal
  • Potensi mendapatkan konsumen yang loyal, tetapi tergantung kualitas produk dan komunikasi kita kepada konsumen.

Jenis-jenis Leads Marketing, Kenali dan Tingkatkan Penjualan!

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari lead, lebih baiknya kamu juga harus mengetahui apa saja macam lead agar memudahkan dalam mendapatkan penjualan dari calon pelanggan.

Marketing Qualified Lead

Nah lead ini atau sekumpulan orang ini sudah menjalankan interaksi dari konten pemasaran yang sudah kamu buat dan bagikan, tetapi mereka belum tentu melakukan konversi atau pembelian.

Interaksinya sendiri berupa seperti mengunjungi halaman website, kepo tentang produk kamu, melakukan interaksi di konten sosial media berupa komentar, like, dan share.

Sales Qualified Lead

Sekumpulan orang ini atau lead ini sudah mempunyai keinginan untuk melakukan transaksi dengan menunjukkan ciri-ciri membutuhkan produk atau layanan, dan memiliki anggaran yang cukup untuk membeli.

Product Qualified Lead

Nah, biasanya kalau di supermarket ada yang jual makanan ringan, kita bisa tuh ambil sedikit atau cicip-cicip sebelum membeli, setelah cocok baru melakukan pembelian.

Sama saja dengan produk-produk di dunia digital, kalau kita menjual buku digital atau e-book, kita bisa memberikan demo atau sedikit isi dari buku tersebut.

Kalau kita menjual kursus digital atau bootcamp, bisa kita tawarkan kursus 2x atau 4x pertemuan untuk meyakinkan calon pembeli atau pengguna.

Atau kalau kamu main Mobile Legend kan ada tuh hadiah gratis berupa trial skin epic selama 7 hari, kalau kamu cocok dan worth untuk memiliki skin epicnya ya maka belilah skin epicnya.

Service Qualified Lead

Biasanya yang sudah sampai tahap ini, sekumpulan orang ini tingkat kepercayaan untuk membeli produk atau layanannya sudah sampai ke 80% fix beli.

Ciri-cirinya berupa menjalin komunikasi yang intens dengan tim penjualan atau si penjual. Ntah itu tanya-tanya tentang diskon, promo, dan lain sebagainya.

Cara Mendapatkan Leads, Simak Caranya, Rasakan Manfaatnya

Ada banyak cara dalam mendapatkan leads, tergantung tujuan apa yang ingin dicapai. Lead akan didapat apabila penerapannya tepat, sebagai contoh landing page cocok untuk menawarkan produk dan jasa, tetapi untuk beberapa bisnis tertentu tidak cocok menggunakan landing page.

Jadi, yang harus dilakukan adalah mencari tahu target konsumen dan apa saja kebutuhan konsumen. Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan leads:

Landing Page

Pada umumnya landing page merupakan website atau laman khusus untuk mendapatkan leads, di dalam landing page sendiri terdapat informasi produk, form untuk mendapatkan data dari calon pembeli, dan tulisan-tulisan yang dapat meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Yang jadi pertanyaannya adalah, bagaimana caranya pengunjung atau target konsumen itu bisa mengunjungi landing page.

Caranya adalah kamu harus terlebih dahulu meningkatkan awareness terhadap brand dan produk kamu, dengan cara membuat konten berkualitas dan melakukan periklanan di sosial media. Setelah itu baru konten atau iklan yang telah dibuat bisa disisipkan link untuk mengunjungi landing page tadi.

Membuat Konten Berkualitas

Membuat konten tidak hanya sekedar di sosial media seperti Instagram, TikTok, dan lainnya. Tapi kamu juga bisa membuat konten di blog.

Konsepnya sama seperti landing page, hanya saja kalau blog itu kontennya berupa artikel dan harus bisa optimasi SEO, kenapa? Tujuannya adalah agar konten kamu bisa masuk ke halaman pertama dan mendatangkan pengunjung.

Setelah mendatangkan pengunjung, kamu bisa sisipkan link di dalam konten artikel tadi yang mengarah ke landing page kamu.

Free Trial

Kalau kamu pengguna aplikasi berbayar seperti Spotify, Youtube Premium, Netflix itu di dalamnya terdapat promosi bebas akses premium selama beberapa hari atau yang biasa dikenal dengan free trial.

Jika ingin mendapatkan Free Trial biasanya kamu harus mendaftar akun terlebih dahulu agar bisa mendapatkan akses, bahkan tidak hanya sekedar mendaftar akun, tetapi beberapa aplikasi mewajibkan untuk mencantumkan informasi kartu kredit.

Tujuannya adalah agar ketika masa free trial-nya habis, kamu akan otomatis perpanjang dan dikenakan biaya ke kartu kreditmu.

Bagaimana ketika produknya berupa bootcamp atau kursus online gitu? Nah kamu bisa tawarkan mini bootcamp ke calon pengguna, tujuannya adalah agar mereka yakin ketika ingin membeli kelas yang berbayar.

Freebies

Bedanya dengan free trial, kalau freebies merupakan cara promosi untuk mendapatkan data pembeli, contohnya seperti e-mail, nomor WhatsApp, identitas pribadi, dan lain sebagainya.

Walaupun hampir sama dengan free trial, tetapi penerapan dari freebies itu berbeda, free trial lebih mengedepankan user experience, nah kalau freebies mengarah kepada manfaat langsung yang dibutuhkan oleh calon konsumen.

Contohnya seperti kamu membuat bisnis template profesional excel untuk pekerja social media specialist, ada calon pembeli tertarik, kamu bisa memberikan 20% isi dari templatenya itu tadi.

Tetapi sebelum bisa men-download template-nya, kamu bisa berikan form berupa data informasi berupa kontak, dan lain sebagainya.

Tujuannya adalah agar ketika sudah download template yang gratisan tadi, kamu bisa mengingatkan untuk membeli yang berbayar ntah berupa mengirim e-mail, pesan WhatsApp, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Jadi, leads marketing itu sangat penting sekali untuk meningkatkan penjualan, di lain sisi juga bisa menjadi sebuah prospek yang menjanjikan untuk mendapatkan konsumen yang loyal. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan leads yang sudah aku jelaskan di atas.

Demikian penjelasan dari manfaat dan cara mendapatkan leads marketing. Semoga bisa membantu untuk meningkatkan penjualanmu ketika menerapkan leads marketing.

Rekomendasi Postingan

Mohammad Rehan Firdaus

Mohammad Rehan Firdaus

Seseorang yang tertarik pada dunia blogging dan segala hal yang berhubungan dengan digital marketing

20 thoughts on “Mengenal Pentingnya Leads Marketing: Gunakan Cara Ini Agar Penjualan Meningkat!”

  1. Alhamdulillah setelah membaca postingan ini saya jadi punya gambaran tentang lead marketing. Hampir mirip kinerjanya dengan landing page. Yang ditawarkan nggak cukup dari artikelnya saja, ada poin poin lain yang jadi penunjang agar pembaca tertarik

    1. Yap, sebenarnya lead marketing itu strateginya, salah satu aktivitasnya adalah membuat landing page untuk mengkonversi lead tadi menjadi sebuah sales atau konversi-konversi yang lainnya seperti berlangganan, mendaftar akun, dan lain sebagainya.

  2. Sangat bermnafaat sekali kak tips dan tutorialnya, terima kasih banyak saya kan coba karena pas lihat ini makin semangat untuk berjualan online dengan memkai tips ini,

  3. Sekarang jadi tergambarkan mengenai Lead marketing yang meruapakan salah satu strategi yang bisa meningkatkan angka penjualan. Dengan mendapatkan lead, maka akan memperoleh pelanggan potensial yang memiliki peluang besar membeli produk yang ditawarkan.

  4. Oo jadi paham nih kenapa entertain seperti netflix, spotify dan youtube kerap membagikan coba gratis 1 bulan. Jadi itu namanya qualified lead. Boleh juga nih dicoba

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *